10 Juli 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Aneh tapi Nyata, Burung Camar Menculik Anjing Chihuahua di Inggris

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

Oleh : Gloria Setyvani Putri


© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media Ilustrasi burung camar

KOMPAS.com – Belum lama ini ada kejadian menarik di Paignton, Devon, sebuah kota di tepi laut bagian selatan Inggris. Seekor anjing Chihuahua 4 tahun bernama Gizmo dilaporkan diculik oleh burung camar.

Mungkin hal ini tampak aneh dan sulit kita percaya. Namun, ahli burung Inggris mengungkap bukan tidak mungkin burung camar berukuran besar menculik mamalia kecil, termasuk anjing peliharaan.

Biasanya, burung camar akan membawa target penculikannya terbang dalam jarak pendek, hanya beberapa meter dari tanah.

“Kejadian ini mungkin terjadi, tapi sangat jarang pula,” jelas Viola Ross-Smith peneliti burung camar, dilansir Live Science, Selasa (23/7/2019).

Pemilik Devon, Becca Hill, menceritakan pada Minggu (21/7/2019) sekitar pukul 12.30 siang waktu setempat, dia melihat burung camar mengambil anjingnya dengan sangat cepat.

Saat itu Hill sedang bersama dengan Gizmo di kebun. Hill menjemur pakaian, sementara Gizmo asik bermain di dekatnya.

Namun tiba-tiba, seekor burung camar menukik ke tanah dan langsung membawa pergi Gizmo dengan paruhnya.

“Saya hanya bisa melihat kejadian itu. Dan saya tidak tahu Gizmo dijatuhkan di mana,” ungkap Hill kepada media lokal Devon Live.

Burung camar
Di Inggris, bueung camar yang paling sering muncul di daerah perkotaan adalah camar herring (Larus argentatus) dan camar sayap hitam (Larus fuscus).

Menurut Laboratorium Ornitologi Cornell, camar sayap hitam (Larus fuscus) berukuran 64 sentimeter dengan lebar sayap 150 sentimeter. Sementara camar herring (Larus argentatus) berukuran 66 sentimeter dengan lebar sayap 146 sentimeter.

Seperti kebanyakan jenis camar besar, kedua spesies ini merupakan omnivora dan bisa memakan apapun yang mereka temukan.

Mereka biasanya memakan ikan, invertebrata, sayuran, makanan manusia yang dibuang, dan bisa juga tikus, kelinci kecil, dan anjing kecil seperti chihuahua.

Chihuahua biasanya berukuran 3 kilogram, tapi chihuahua mini beratnya lebih ringan.

“Mungkin ukurannya sama dengan hewan lain yang dimangsa burung camar besar,” ujar Ross-Smith.

Seperti disinggung Ross-Smith sebelumnya, ketika burung camar membawa hewan culikan dengan paruh, mereka tidak bisa terbang terlalu tinggi.

“Mungkin hanya beberapa meter dari tanah, kemudian hewan culikan akan dijatuhkan,” ungkap Ross-Smit.

“Burung camar memang hewan kuat, tapi mereka tidak terbang jauh dengan mangsa di paruhnya,” imbuh dia.

Penting untuk dicatat bahwa serangan seperti itu jarang terjadi, dan burung camar biasanya tidak menimbulkan ancaman bagi hewan peliharaan kecil atau anak-anak.

“Burung camar tidak hanya menyerang orang atau hewan lain secara acak. Mereka akan mempertahankan sarang dan anakannya jika seseorang atau binatang terlalu dekat. Namun dalam kasus tersebut, mereka biasanya hanya menukik dan berteriak,” katanya.

%d blogger menyukai ini: