4 Juli 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Menteri Susi: “Illegal Fishing” Di Mana Pun Harus Dibasmi…

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

Oleh : Bambang Priyo Jatmiko


© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media Menteri Susi Pudjiastuti saat pawai bebas plastik di Jakarta, Minggu (21/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ingin agar pemberantasan illegal fishing menjadi agenda dunia, tidak hanya Indonesia.

“Illegal fishing dimanapun harus dibasmi,” ujarnya di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Menteri nyentrik asal Pangandaran itu mengatakan, pembasmian illegal fishing di luar Indonesia perlu dilakukan karena dampaknya juga akan dirasakan oleh Indonesia.

Kapal-kapal asing tidak akan mencoba masuk ke wilayah laur indonesia untuk menangkap ikan secara ilegal karena pasti akan diciduk terlebih dahulu oleh negara asal.

Sebaliknya, bila pemberantasan illegal fishing tidak dilakukan oleh negara lain, maka kapal-kapal illegal fishing akan datang ke laut Indonesia.

Apalagi saat ini kata Susi, ikan di laut Indonesia melimpah pasca kebijakan pembasmian atau memerangi illegal fsihing yang dilakukan secara besar-besaran sejak 2015.

Saat ini kata Susi, kapal-kapal asing “bermain” di ZEE Indonesia. Mereka masuk ke ZEE Indonesia dan menaburkan jaring alat tangkapnya yang memiliki panjang hingga ratusan km.

“Pancing long line itu bisa 150 km panjangnya, bayangkan ZEE kita kurang lebih 300 km, dia lewat ZEE kita lalu taburkan jaring nanti tariknya dari luar wilayah ZEE Indonesia,” ucapnya.

%d blogger menyukai ini: