1 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

5 Biji Buah yang Kaya Manfaat, Apa Saja?

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh : Mela Nurhidayati Syamsiyah

Hampir semua jenis buah-buahan memiliki biji. Saat mengkonsumsi buah tersebut, tentu kamu akan memilih untuk menyantap dagingnya dan membuang bijinya, bukan?

Meski sering dianggap tak memiliki manfaat, ternyata ada beberapa biji buah yang justru menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Beragam manfaat biji buah itu tentunya tak kalah dari dagingnya.

Ingin tahu biji buah apa saja? Berikut kumparan rangkum lima biji buah yang kaya manfaat.

1. Biji durian

Banyak dari kita sering membuang biji durian karena dianggap tak bermanfaat. Padahal menurut penelitian yang dipublikasikan International Journal of Pharmacological and Pharmaceutical Sciences, biji durian mengandung nutrisi yang tak kalah menakjubkan seperti dagingnya.


@ Disediakan oleh Kowari, biji durian

Beberapa manfaat biji durian; seperti mengatasi masalah pencernaan, bisa dijadikan sumber energi dan tenaga, menjaga kesehatan tulang dan gigi, hingga menguatkan otot serta menjaga daya tahan tubuh.

Meskipun mengandung segudang manfaat, namun perlu dicatat, bahwa jangan pernah mengkonsumsi biji durian ini dalam kondisi mentah, ya! Alasannya, karena biji durian yang masih mentah mengandung asam lemak siklopropena, yang merupakan racun berbahaya bagi tubuh.

Untuk bisa mendapatkan beragam manfaat tersebut, pastikan biji durian diolah terlebih dahulu; seperti merebusnya, menjadikan sebagai bubuk atau tepung.

2. Biji alpukat


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi alpukat Foto: Pixabay

Selain durian, alpukat juga punya biji yang tak kalah menakjubkan. Menurut hasil penelitian dalam International Journal of Research in Pharmacology, biji alpukat memiliki sifat bakterisida dan fungisida yang mampu menetralkan berbagai mikroorganisme berbahaya dalam tubuh.

Tidak hanya itu, biji alpukat juga bisa menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol tinggi, memiliki sifat antidiabetes, mencegah penyakit tekanan darah tinggi, hingga bisa mengatasi jerawat.

Sama seperti durian, biji alpukat juga harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Salah satu cara aman mengolah biji alpukat adalah dengan mengupas kulit bagian luarnya, lalu panggang dalam oven selama dua jam.

Setelah biji alpukat kering, kamu bisa menghaluskan biji tersebut dengan blender hingga berbentuk bubuk. Nah, bubuk ini bisa kamu tambahkan ke dalam smoothie, atau dijadikan menjadi teh, hingga saus.

3. Biji pepaya

@ Disediakan oleh Kowari, biji pepaya

Banyak orang tak menyangka bahwa biji dari buah yang memiliki nama ilmiah Carica papaya ini bisa dikonsumsi. Selain aman untuk dikonsumsi, menurut studi yang dipublikasikan dalam Przeglad Gastroenterologiczny biji pepaya juga bisa menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena kandungan serat yang ada di dalamnya.

Selain itu, biji pepaya juga bisa mengurangi risiko kanker, melawan infeksi, hingga melindungi fungsi ginjal.

Pertanyaanya, bagaimana cara mengkonsumsi biji pepaya? Kamu bisa makan biji pepaya beserta dagingnya sekaligus. Cara lain adalah dengan digerus sampai lumat supaya lebih halus. Berani coba?

4. Biji nangka


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi biji nangka Foto: Dok. Shutter Stock

Nangka memang sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Sama seperti buah-buah lainnya, banyak dari kita membuang biji nangka karena dianggap tak memiliki manfaat.

Padahal biji nangka mengandung banyak nutrisi; seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin A, C, dan B, kalsium, seng, serta fosfor yang berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya menyehatkan mata.

Selain itu, biji nangka juga bisa mencegah gangguan pencernaan, anemia, menghilangkan stres, hingga meningkatkan imunitas tubuh.

5. Biji semangka

@ Disediakan oleh Kowari, Biji semangka

Di antara biji-biji buah lain, biji buah yang satu ini memang cukup akrab dijadikan olahan makanan. Seperti dibuat kuaci, hingga jadi bahan pelengkap dalam pembuatan kue bulan.

Manfaat kesehatan yang ditawarkan biji semangka pun tak kalah menakjubkan. Seperti bisa mengatur tekanan darah, karena kandungan magnesiumnya yang berlimpah. Hingga bisa menurunkan berat badan, karena kandungan kalorinya yang juga rendah.

Itulah lima biji buah yang ternyata menawarkan segudang manfaat bagi tubuh. Dari kelimanya, biji buah mana yang pernah kamu konsumsi?

%d blogger menyukai ini: