19 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Lemon hingga Kedelai, 5 Bahan Alami Pencegah Gigitan Nyamuk

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh : Azalia Amadea

Udara lembap dengan panas yang menyengat, memang disukai nyamuk. Tak heran, jika memasuki musim panas seperti saat ini, ada saja nyamuk yang mengigit tubuh kita. Rasa gatal yang ditimbulkan serangga dengan dengungan khas ini pun bisa mengganggu aktivitas.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Jangan khawatir, gigitan nyamuk masih bisa dicegah, kok. Bahkan ada beberapa makanan yang bisa mengubah aroma tubuh sehingga nyamuk enggan untuk mengigit. Selain itu, ada juga beberapa tanaman alami yang bisa dijadikan minyak gosok guna meredakan gatal.

Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Lemon eucalyptus


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi minyak eucalyptus Foto: dok.shutterstock

Mungkin kamu tak asing dengan nama bahan yang satu ini. Ya, pasalnya daun dari pohon beraroma segar bak lemon ini kerap hadir di kemasan obat pembasmi serangga. Sudah sejak 1940-an minyak lemon eucalyptus dikenal sebagai obat alami pembunuh nyamuk.

Menurut The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), minyak lemon eucalyptus bahkan sudah masuk dalam daftar minyak alami yang efektif melindungi tubuh dari nyamuk.

Pada tahun 2014 pun telah dilakukan penelitian, mengenai seberapa lama perlindungan yang dihasilkan dengan memakai minyak lemon eucalyptus dalam Journal of the American Mosquito Control Association. Hasilnya, mencampurkan 32 persen minyak tumbuhan asal Australia ini dapat melindungi tubuh dari nyamuk selama tiga jam.

2. Kayu manis


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Kayu manis Foto: Shutter Stock

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Nasional Taiwan pada tahun 2004, minyak dari kayu manis dapat membunuh telur nyamuk. Bumbu dapur ini juga bisa membunuh nyamuk dewasa.

Untuk memanfaatkannya, baluri 1/4 sendok teh minyak kayu manis yang sudah dicampur air sebagai obat gosok. Atau, kamu juga bisa menyemprotkannya ke sudut-sudut ruangan di rumah. Namun, pastikan dosis minyak kayu manisnya tak berlebihan, ya, agar tak mengiritasi kulit.

3. Thyme


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi Thyme. Foto: Pixabay

Daun satu ini termasuk dalam golongan rempah-rempah yang berguna untuk membuat aroma makanan semakin sedap. Tapi, bukan hanya itu saja, rupanya thyme juga bermanfaat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk.

Ekstrak minyak thyme dapat digunakan sebagai obat gosok atau pengharum ruangan. Dalam Malaria Journal tahun 2011, menemukan bahwa membakar daun thyme memberikan perlindungan 85 persen selama 60-90 menit.

4. Kedelai


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi minyak kedelai Foto: dok.shutterstock

Bahan utama dari tempe ini rupanya juga bisa membantu kita terlindung dari gigitan nyamuk, lho. Penelitian yang dilakukan di Laboratorium Entomologi Medis Universitas Florida, menemukan dua persen minyak kedelai dapat memberikan perlindungan jangka panjang dari serangan nyamuk.

5. Serai


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi minyak serai Foto: dok.shutterstock

Wangi dari serai memang enak, tapi nyamuk tidak suka. Jadi enggak mengherankan, selain minyak daun eucalyptus, serai juga sering digunakan dalam campuran obat pembasmi nyamuk.

Menurut penelitian dalam Malaria Journal tahun 2011, formulasi minyak serai sama efektifnya dengan DEET –bahan aktif paling umum yang digunakan dalam obat penolak serangga. Mengolesi minyak serai dapat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk hingga dua jam.

%d blogger menyukai ini: