24 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Selain Garibaldi Thohir, Ini Lho Para Crazy Rich Indonesia yang Punya Saham Adaro

Berita ini diberdayakan untuk moneysmart.id

Oleh : Boby

Di bursa efek, saham Adaro dikenal sebagai salah satu saham dari emiten yang bergerak di sektor pertambangan. Sahamnya yang berkode ADRO mulai tercatat sejak tahun 2008. Setelah go public, nilai Adaro Energy kini telah mencapai Rp 45,9 triliun.

Namun, baru-baru ini ada kabar gak sedap yang menerpa Adaro Energy, Tbk. Seperti yang ramai diberitakan banyak media, Adaro disebut-sebut melakukan upaya penghindaran pajak dengan mengalihkan keuntungan perusahaan ke luar negeri.

Informasi ini sendiri beredar setelah Global Witness merilis laporan Indonesia’s Shifting Coal Money 3: Taxing Times for Adaro pada 4 Juli 2019.


© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia MoneySmart Indonesia

Laporan Global Witness tersebut menerangkan dengan jelas kalau anak perusahaan Adaro, Coaltrade Services International, mengalihkan keuntungan penjualan batu bara di luar negeri ke negara suaka pajak Mauritius. Tentu aja Indonesia dirugikan kalau laporan ini benar adanya.

Presiden Direktur Adaro Energy, Tbk. Garibaldi Thohir memberi tanggapan kalau perusahaannya menjalankan prinsip good corporate governance. Terus ia mengatakan adanya ketidakberesan dalam pajak seharusnya diungkap oleh Dirjen Pajak.

Nama Garibaldi Thohir sendiri emang sering dihubung-hubungkan dengan Adaro. Bisa dimaklumi sih. Soalnya saudara dari Erick Thohir ini merupakan salah satu dari pemilik saham Adaro dalam jumlah cukup besar.

Rupanya selain Garibaldi Thohir, ada nama-nama pebisnis ternama lainnya yang memiliki saham Adaro dalam jumlah yang banyak, siapa aja ya mereka? Berikut ulasannya yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id di bawah ini:

1. Garibaldi Thohir


© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia Garibaldi Thohir salah satu pemegang saham perusahaan yang bergerak di bidang batu bara, (Instagram/@erickthohir).

Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, Garibaldi Thohir masuk dalam daftar pemegang saham Adaro. Porsi kepemilikansaham Adaro atas namanya mencapai 6,18 persen atau sekitar 1.976.632.710 lembar.

Walaupun berasal dari keluarga kaya raya, Garibaldi Thohir juga bekerja keras supaya bisnis yang dijalankannya bisa makin besar. Hasilnya, nama Garibaldi Thohir masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Frobes.

Jumlah kekayaanya dilaporkan mencapai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 24 triliun. Berkat porsi kepemilikan saham yang besar, Garibaldi Thohir bisa menduduki posisi Presiden Direktur di Adaro Energy, Tbk.

2. Edwin Soeryadjaya


© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia Edwin Soeryadjaya juga memiliki saham perusahaan batu bara ini, ( MoneySmart.id ).

Pebisnis ternama Indonesia selanjutnya yang memiliki saham Adaro dalam jumlah besar adalah Edwin Soeryadjaya. Porsi kepemilikan saham Adaro yang dimiliki anak dari Pendiri Grup Astra William Soeryadjaya mencapai 3,29 persen atau sebanyak 1.051.738.544 lembar.

Bukan cuma memiliki saham Adaro, Edwin juga diketahui sebagai salah satu pendiri Saratoga Investama Sedaya, Tbk. bersama dengan Sandiaga Uno. Perusahaan yang didirikan tahun 1997 tersebut bergerak di sektor perdagangan, jasa dan investasi.

Sebelum mendirikan usaha sendiri, Edwin pernah lama berkarier di Astra. Selama di perusahaan ayahnya tersebut, ia melakukan restrukturisasi keuangan hingga akhirnya Astra bisa melantai di bursa. Kekayaan Edwin menurut Forbes mencapai US$ 660 juta.

3. Theodore Permadi Rachmat


© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia Theodore Permadi Rachmat juga memiliki beberapa saham dari Adaro ini, ( MoneySmart.id ).

Pebisnis ternama lainnya yang memiliki porsi kepemilikan Adaro cukup besar adalah Theodore Permadi Rachmat. Jumlah lembaran saham yang dikuasai Theodore Permadi Rachmat mencapai 2,54 persen atau 812.988.601 lembar.

Selain punya saham Adaro Energy, Theodore juga punya bisnis sendiri lho. Ia merupakan pendiri grup usaha yang bernama Triputra Group. Dalam laporan Forbes, kekayaan TP Rachmat mencapai US$ 1,8 miliar atau sekitar Rp 25,43 triliun.

Grup usahanya tersebut menjalankan bisnis mulai dari agrikultur, manufaktur, perdagangan dan pelayanan, pertambangan, hingga dana pensiun. Menariknya nih sebelum jadi pengusaha sukses seperti sekarang, Theodore Permadi Rachmat pernah bekerja di Grup Astra lho.

Selama di Astra, TP Rachmat diberi kepercayaan buat membangun United Tractor dari awal. Kesuksesannya dalam mengembangkan United Tractor membuat dirinya dipercaya sebagai Direktur Utama di Astra pada tahun 1984.

4. Arini Saraswaty Subianto


© Disediakan oleh PT Loangarage Indonesia Arini Saraswaty Subianto juga memiliki saham dari perusahaan Adaro ini, (MoneySmart.id).

Dengan jumlah kepemilikan saham sebesar 0,25 persen atau sebanyak 79.399.250 lembar, Arini Saraswaty Subianto menjadi pebisnis wanita yang namanya tercatat di IDX sebagai pemilik saham Adaro. Ia menduduki posisi komisaris di Adaro Energy.

Bahkan di Forbes nama Arini dimasukkan sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan yang mencapai US$ 665 juta atau sekitar Rp 9,39 triliun.

Bisnis lainnya yang dikelola Arini adalah Toko Buku Aksara, Persada Capital Investama, PT Tri Nur Cakrawala, PT Pandu Alam Persada, dan PT Dharma Satya Nusantara, Tbk.

Menyandang nama Subianto, Arini merupakan anak dari pebisnis Benny Subianto. Dulunya bersama TP Rachmat, Benny Subianto yang juga bekerja di Astra mendirikan United Tractor. Selain itu, pendirian perusahaan sawit Astra Agro Lestari juga ada peran Benny Subianto.

Itu tadi pebisnis-pebisnis ternama Indonesia yang memiliki saham Adaro. Dengan porsi kepemilikan saham yang besar, mereka semua menjabat posisi penting di perusahaan pertambangan batu bara tersebut. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

%d blogger menyukai ini: