1 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Sumber Kekayaan Orang Terkaya di Ukraina Dipertanyakan

Berita ini diberdayakan untuk viva.co.id

Oleh : Raden Jihad Akbar

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula angin yang menerpa. Pribahasa tersebut telah dialami sendiri oleh Rinat Akhmetov, pemilik Holding System Capital Management, perusahaan terbesar di Ukraina.

Mengapa demikian? Sebelum seberhasil saat ini, Rinat sempat diguncang berbagai gosip dari publik. Berbagai kabar tak enak terkait kariernya yang berkembang pesat muncul di mana-mana.

Tak ada kejelasan terkait sumber kekayaan pertama yang dimilikinya. Oleh karena itu, publik mengira Rinat memiliki hubungan dengan kelompok kriminal yang dipimpin Akhat Bragin, atau mafianya Ukraina. Selain itu, publik juga menganggap Rinat memiliki hubungan erat dengan organisasi kejahatan dalam mendapatkan kekayaan-kekayaannya tersebut.

Publik menganggap Rinat adalah asisten Akhat Bragin dalam bisnis perdagangan pakaian ilegal. Pada tahun 1990 dikatakan bahwa Rinat telah mulai membeli properti di Donetsk melalui dana yang diperoleh melalui kejahatan yang dia lakukan.

Rinat tak tinggal diam. Ia sempat membantah dugaan publik terhadap dirinya itu, namun ia tak berhasil membuat publik berhenti curiga. Hingga saat ini, masih belum ada kejelasan tentang bagaimana Rinat bisa memperoleh kekayaan antara tahun 1985-1995, di mana saat komunisme jatuh dan Ukraina menjadi negara baru.

Namun, karir Rinat tetap saja moncer hingga saat ini. Bahkan, pria kelahiran 21 September 1966 itu kini dinobatkan sebagai orang terkaya di Ukraina.


© VIVA Dipertanyakan Sumber Kekayaannya, Pria Ini Dapuk Gelar Orang Terkaya di Ukraina. (FOTO: Wall Street Journal)

Di tahun 2000, Rinat mendirikan Group Capital Management Group, dan menjadi pemilik tunggal dari perusahaan tersebut hingga saat ini.

Perusahaan induk tersebut hingga kini disebut memiliki aset di lebih dari 100 bisnis dan telah berkembang menjadi perusahaan industri dan keuangan terbesar dan terkemuka di Ukraina. Mulai dari bidang telekomunikasi, teknik, keuangan, properti real estate, transportasi, dan ritel.

Dari berbagai macam lini bisnis perusahaannya, METINVEST disebut sebagai anak usahanya yang terbesar. METINVEST bergerak di bidang bisnis baja, pertambangan batu bara, hingga pembangkit listrik.

Rinat kini tercatat memiliki harta sebesar US$6,5 miliar atau sekitar Rp91 triliun. Forbes pun mencatat nama Rinat Akhmetov sebagai orang terkaya di dunia yang menempati urutan ke-272.

%d blogger menyukai ini: